Rekor Dunia Membakar Diri

Jumat, 03 Juni 2016

Rekor Dunia Membakar Diri

21 Pria pemberani membakar diri hidup-hidup. Sekelompok 'manusia api' asal Cleveland, Ohio, itu melakukan aksi nekatnya demi memecahkan sebuah rekor dunia pada Oktober 2013.

Sebelum beraksi, mereka berkumpul di tepi Sungai Cuyahoga dan mempersiapkan diri untuk proses pembakaran tersebut.

Mereka berbaris membentuk lingkaran di luar sebuah restoran lokal di dekat sungai itu, yang terkenal karena polusi yang dianggap sebagai pemicu terjadinya kebakaran di lokasi tersebut sebanyak 13 kali. Kemudian, para manusia api itu ditutupi pakaian tahan api, dan diolesi gel khusus untuk melindungi mereka dari panas kobaran si jago merah.

Kedatangan mereka pun disambut oleh kerumunan lebih dari 1.500 orang, yang menghitung mundur detik-detik aksi pembakaran 21 manusia api oleh sekelompok pemegang obor.

Setelah seluruh bagian tubuh mereka terbakar, Guinness World Record menetapkan aksi nekat itu sukses memecahkan rekor.
Ternyata aksi pemberani dan nekat itu dilakukan 21 manusia api, bukan semata-semata untuk memecahkan rekor. Tapi ide menetapkan rekor baru yang digagas Menteri Mark Simone dan pengusaha lokal Jon Gadd it, juga untuk mengumpulkan dana amal.

Mereka sengaja melakukan aksi ekstrem itu demi mengumpulkan uang untuk Cleveland Foodbank and Brick oleh Brick, sebuah organisasi nirlaba tempat Tuan dan Nyonya Simone bekerja untuk membantu kaum perempuan dan anak-anak di Afrika Selatan.